Terungkap Mengapa Urine Berwarna Kuning

Urine Berwarna Kuning

Memperhatikan warna urine sementara membuang air kecil direkomendasi oleh tenaga kesegaran untuk memantau apakah kami sudah cukup minum atau belum. Urine berwarna kuning pekat menandakan kami kurang minum karena terlalu sering kurang bergerak karena keasikan bermain https://www.hotel-harrisonburg.com/.

Para ahli pada akhirnya bisa mengutarakan mengapa urine manusia berwarna kekuningan. Penyebabnya adalah enzim yang disebut reduktase biliburin, yang diproduksi oleh bakteri di usus.

Dalam laporannya di jurnal Nature Microbiology, para peneliti menyebut selama ini tidak diketahui adanya enzim tertentu bateri yang mengubah bilirubin menjadi urobilinogen.

Selama ini warna kuning urine berasal berasal dari mekanisme tubuh melenyapkan sel darah tua. Ketika sel darah merah mencapai akhir siklus hidup mereka (biasanya 120 hari), mereka akan dipecah di liver.

Salah satu hasil buangan berasal dari sistem tersebut adalah zat berwarna oranye cerah yang disebut bilirubin, yang dikeluarkan liver ke usus. Bakteri di usus lalu mengubahnya menjadi zat tidak berwarna yang disebut urobilinogen. Kandungan itu lalu dipecah ulang menjadi pigmen kuning yang menambahkan warna terhadap urine.

Penemuan tersebut ternyata berdampak terhadap kesehatan. Misalnya saja akan memperjelas manfaat mikrobioma di usus terhadap kondisi seperti penyakit kuning atau inflamasi terhadap saluran usus.

Penyakit kuning sendiri berlangsung dikarenakan tumpukan bilirubin di darah supaya mata dan kulit penderitanya menjadi kekuningan.

Penelitian ini termasuk dikerjakan situs spaceman slot mengfungsikan teknologi genomic sequencing supaya para peneliti lebih mudah mengidentifikasi strain bakteri di sampel urine.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.