Mempunyai Kantong Mata, Kenal Penyebab dengan Cara Menyelesaikannya dengan Kesehatan

Kantong mata merupakan kondisi dikala kulit di bawah mata kendur atau membengkak. Kantong mata akan makin terlihat terang seiring bertambahnya umur.

Tapi, kondisi ini juga dapat dialami oleh orang yang masih muda, bagus karena unsur genetik atau karena mengalami kondisi medis yang menyebabkan kantong mata terlihat lebih terang.

Penyebab Kantong Mata
Kantong mata umumnya disebabkan oleh melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot penopang kelopak mata. Situasi ini terjadi karena makin menurunnya produksi kolagen di kulit seiring bertambahnya umur.

Menurunnya produksi kolagen sebetulnya berimbas pada elastisitas kulit slot77 dan otot di segala tubuh. Tapi, kondisi ini lebih terlihat di sekitar mata karena kulit di zona tersebut sangat tipis.

Selain itu, lemak yang menolong menyangga mata bergeser ke kelopak mata bagian bawah, sehingga membuat kantong mata terlihat bengkak.

Selain karena unsur umur, kantong mata juga dapat disebabkan oleh kondisi berikut ini:

1. Kurang tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata, sehingga membuatnya terlihat bengkak. Selain itu, kurang tidur juga mengakibatkan lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih terang.

2. Konsumsi makanan tinggi garam
Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan penumpukan cairan tubuh (retensi cairan). Cairan yang terakumulasi dan terperangkap di kelopak mata bawah membuat bagian tersebut menjadi bengkak, sehingga membentuk kantong mata.

Selain membuat kantong mata terlihat terang, mengkonsumsi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan permasalahan kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Idealnya, orang dewasa tak mengkonsumsi lebih dari 1.500 mg garam setiap hari.

3. Iritasi
Iritasi akibat pengaplikasian kosmetika dapat menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak. Rokok ini rentan terjadi sekiranya bahan yang digunakan dalam kosmetika tergolong keras bagi kulit, atau sekiranya Anda tak membersihkan wajah sebelum tidur.

4. Rokok
Rokok dapat mempercepat berkurangnya produksi kolagen, sehingga otot penopang mata menjadi lemah. Selain itu, mengisap rokok juga dapat membuat kulit halus di bawah mata menjadi makin tipis. Ketika, pembuluh darah menjadi lebih terang sehingga terlihat seperti mata panda.

5. Alergi
Debu, serbuk sari, atau bulu hewan dapat menjadi pemicu alergi. Situasi mata penderita alergi terpapar pemicu tersebut, tubuhnya akan mengeluarkan zat yang disebut histamin.

Situasi ini membuat pembuluh darah di mata dan sekitarnya menjadi meradang atau bengkak. Di samping itu, mata juga menjadi merah, berair, dan gatal.

6. Cara
Kantong mata ataupun lingkaran hitam di bawah mata dapat menjadi karakteristik yang diwariskan dari orang tua pada si kecilnya. Kantong mata akibat unsur genetik tak dapat dihilangkan kecuali via prosedur medis.

7. Gangguan tiroid
Kantong mata dapat menjadi gejala gangguan tiroid mata atau yang disebut juga Graves disease. Ini merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan lemak dan otot di dalam rongga mata, sehingga menyebabkan peradangan dan kantong mata.

Cara Kantong Mata
Munculnya kantong mata dapat dicegah dengan tidur yang cukup, minum 8 gelas air putih, mengendalikan asupan garam, menghindari bahan iritan atau pemicu alergi, dan tak mengisap rokok.

Sementara untuk menyelesaikan kantong mata, ada sebagian sistem yang dapat Anda lakukan, merupakan

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.