Macam Pengobatan Pilihan Populer di Indonesia

Kecuali pergi berobat ke dokter, ketika ini banyak masyarakat Indonesia yang memilih pergi ke pengobatan alternatif. Alasannya cukup berbagai, mulai dari harga pengobatan alternatif lebih murah hingga sakit yang diderita tak kunjung sembuh setelah dari dokter.
Nah, ketika ini ada berbagai jenis pengobatan alternatif yang dapat kau coba. Jadi, seandainya detikers tengah menderita penyakit tertentu, cobalah untuk mendatangi pengobatan alternatif yang menggunakan bahan-bahan natural.

Seketika, apa saja jenis pengobatan alternatif di Indonesia? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini yuk detikers.

Pengertian Pengobatan Pilihan
Diterangkan dalam buku 50 Tempat Pengobatan Pilihan Paling Dicari di slot777 terpercaya Jabotabek oleh Gagas Ulung, pengobatan alternatif yaitu wujud pelayanan pengobatan yang menggunakan cara, alat, ataupun bahan yang tak termasuk dalam standar pengobatan kedokteran modern. Jadi, pengobatan alternatif diterapkan hanya sebagai alat alternatif atau komplementer pengobatan medis yang modern.

Dengan demikian itu, pengobatan alternatif mengusung pendekatan di luar medis. Dalam pengobatan ini, semua cara dapat dilaksanakan demi menyembuhkan pasien dari penyakit, mulai dari penggunaan bahan natural seperti jamu, rempah, dan tanaman herbal untuk dikonsumsi.

Kecuali itu, pengobatan alternatif juga dapat menggunakan cara pengobatan dari luar tubuh. Pada umumnya, pengobatan ini dapat menggunakan teknik atau alat tertentu yang dipercaya dapat menghilangkan berbagai jenis penyakit.

Macam Pengobatan Pilihan
Saat ini ada berbagai jenis pengobatan alternatif yang dapat kau gunakan untuk penyembuhan penyakit. Diterangkan dalam buku Terapi Komplemen: Konsep dan Aplikasi dalam Keperawatan oleh Siti Utami Dewi, dkk, berikut sejumlah jenis pengobatan alternatif:

1. Naturopathy
Macam pengobatan alternatif yang paling populer ketika ini yaitu pengobatan naturopati (naturopathy), yang yaitu pendekatan natural untuk kesehatan dan penyembuhan yang mengakui integritas semua orang. Filosofi pengobatan naturopati mencakup pengobatan penyakit via stimulan, peningkatan, dan dukungan dari yang menempel kapasitas penyembuhan orang tersebut.

2. Chiroterapi
Pengobatan alternatif chiroterapi (chirotherapy) yaitu cara terapi yang menganggap bahwa penyakit disebabkan oleh kurangnya fungsi saraf normal dan penggunaan manipulasi dan penyesuaian khusus dari struktur tubuh, seperti tulang, sendi, dan tulang belakang.

3. Osteopati
Pengobatan alternatif yang satu ini prinsipnya yaitu tulang sebagai titik permulaan kelainan organ tertentu, teladan antropologi holistik, keragaman konsep, dan doktrin yang berbeda. Osteopati dapat merelaksasi otot, mengurangi rasa sakit, mencegah pengapuran tulang, hingga penyembuhan subluksasi vertikal.

4. Phytotherapy (Obat Herbal)
Fitoterapi (phytotherapy) atau obat herbal yaitu pengobatan kuno yang diawali sejak zaman Yunani. Pengobatan ini dapat diterapkan di semua jenis gangguan fungsional cara organ tertentu di dalam tubuh, penyakit kronis, dan juga gejala stres.

5. Homeopathy
Homeopati (homeopathy) yaitu pengobatan alternatif yang cara pengobatannya berdasarkan teori dari \\\”like cure like\\\”. Contohnya, racun yang menyebabkan gejala penyakit pada orang sehat dapat mengobati gejala yang sama dalam wujud encer.

Pengobatan alternatif ini dapat diterapkan secara khusus pada penyakit kronis yang tak dapat diobati secara tepat sasaran oleh medis, contohnya asma, distonia vegetatif, dan neurodermatitis.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.