Khasiat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Kacang tanah memang mengandung zat yang menyehatkan, termasuk zat lemak. Itulah yang membikin selai kacang atau peanut butter dianjurkan sebagai makanan sumber nutrisi dan daya bagi bayi dan si kecil-si kecil. Kecuali dibuat selai, kacang tanah telah diolah menjadi berjenis-jenis produk. Mulai permen kacang, pasta, minyak kacang, saus kacang, minuman ringan, susu, kacang panggang berbalutkan garam atau gula, hingga tepung.

DARI berjenis-jenis data, kacang tanah berasal dari Amerika Selatan. Budaya suku Inca di Peru mempersembahkan hasil panen kacang tanah terhadap dewa pujaan dalam upacara keagamaan.

Kacang tanah juga dikenal sebagai sumber pangan bagi pengembara yang melaksanakan perjalanan jauh, antara lain di kawasan Antartika. Kacang tanah yang kaya kandungan nutrisinya jadi pilihan untuk memecahkan kekurangan nutrisi di Afrika.

Jadi, terbukti kacang tanah bukan camilan biasa. Ini didorong hasil studi yang menemukan penyebab kacang tanah memiliki rasa yang nikmat. Adalah, sebab kandungan yang menyehatkan, termasuk protein, lemak tak jenuh tunggal, vitamin, dan serat.

Ada kandungan vitamin B (B1, B6, B3, B5, B2, B12), vitamin A, C, dan E. Kandungan mineral yang dibutuhkan slot hacksaw untuk kesehatan, antara lain, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, manganum, fosfor, selenium, dan zinc. Zat fito kandungannya merupakan polifenol dan fitosterol. Juga ada asam amino arginin dan alfa tokoferol.

Populer dengan sebutan ground nut atau peanut, tanaman asal kacang tanah bernama ilmiah Arachis hypogea, dari suku Papilionaceae. Termasuk tanaman menahun, tinggi tanaman lebih kurang 45–60 cm dengan cabang yang pendek dan berbulu.

Bagian yang dimakan merupakan biji yang tersimpan di dalam polong. Kulit polong berpori, dan setiap polong ditempati 2–4 biji berselaput tipis.

Cara simpel untuk mengolah kacang tanah merupakan dengan merebus atau memanggangnya. Produk olahan terbanyak di pasaran merupakan minyak kacang. Negara penghasil produk berbahan kacang yang terbesar merupakan Tiongkok, India, dan Amerika.

Kacang Tanah untuk Kesehatan Jantung

Informasi manfaat kacang tanah untuk kesehatan jantung nyaris tak banyak dikenal. Sementara itu, kabar ilmiah meyakini terdapatnya kekerabatan yang kuat antara kandungan kacang tanah, termasuk lemak tak jenuh tunggal, dengan penurunan risiko serangan penyakit jantung koroner. Ini didorong melewati hasil penelitian yang dipublikasikan tahun 2022.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.