Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Ibu Setelah Melahirkan

Momen pasca persalinan bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga memicu fluktuasi perasaan dan juga emosi. Karena, bisa saja kegembiraan yang tadinya ibu rasakan, tiba – tiba berubah jadi kecemasan atau bahkan ketakutan.

Akhirnya, kondisi itu rentan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mental pada ibu pasca melahirkan. Salah satunya seperti baby blues. Di mana kondisi ini mengacu pada periode singkat setelah melahirkan yang di penuhi dengan kesedihan, kecemasan, stress, serta perubahan suasana hati.

Itulah kenapa sangat penting untuk tak mengabaikan dan selalu menjaga kesehatan 777 Slot Online mental ibu pasca persalinan lewat beberapa cara yang bisa di lakukan. Lalu, bagaimana caranya?

1.Bicara Dengan Orang Terdekat

Ibu juga bisa bicara dengan orang terdekat sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mental ibu pasca melahirkan. Saat berbicara server slot thailand dengan orang yang kalian mau, ibu bisa ceritakan apa yang sedang ibu rasakan atau sekedar melakukan pembicaraan kecil.

2.Perbanyak Istirahat

Salah satu cara menjaga kesehatan mental pasca persalinan adalah dengan memperbanyak waktu istirahat. Karena, bayi yang baru lahir biasanya akan seringkali menangis dalam intensitas yang cukup sering, sehingga bisa secara signifikan mengurangi waktu tidur ibu.

Perlu di ketahui bahwa baby blues, maupun postpartum depression bisa di picu oleh kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga bisa meningkatkan reaksi emosional dan juga perasaan negatif. Itulah kenapa, penting untuk ibu meminta bantuan pasangan atau anggota keluarga lain untuk membantu menjaga bayi saat tidur.

3.Konsumsi Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang

Mengonsumsi makanan sehat memang tak bisa jadi jaminan untuk benar – benar mencegah terjadinya baby blues atau depresi pasca melahirkan. Tetapi, hal ini bisa membantu ibu menjaga suasana hati tetap baik dan memenuhi nutrisi yang tubuh butuhkan.

Selain itu, memenuhi nutrisi penting pasca kehamilan tentunya bisa mengoptimalkan proses pemulihan pada tubuh ibu selama masa nifas. Maka dari itu, sangat penting bagi ibu untuk menerapkan pola diet yang sehat setiap hari. Ibu juga bisa mengonsumsi sayur dan buah sebagai cemilan sehat.

4.Perbanyak Quality Time Dengan Pasangan

Ada banyak perubahan yang terjadi di kehidupan ibu pasca melahirkan si kecil. Akhirnya, penurunan interaksi terutama pada orang terdekat jadi rentan terjadi sehingga membuat ibu merasa tak di dukung. Itulah kenapa sangat penting bagi ibu untuk bisa beradaptasi dengan cara meminta dukungan dan memperbanyak quality time dengan pasangan ibu. Hal ini bertujuan untuk menguatkan ikatan dan komitmen dalam mengurus si kecil.

5.Minta Dukungan Orang Lain

Selama masa nifas atau pemulihan pasca persalinan, ibu perlu fokus untuk beristirahat. Tetapi, sering kali beberapa urusan rumah tangga seperti pakaian kotor, kebersihan rumah, sampai dengan memasak memecah fokus ibu.

Itulah kenapa, penting bagi ibu untuk meminta dukungan atau bantuan anggota keluarga lain untuk membantu ibu dalam menyelesaikan tanggung jawab rumah tangga. Selain itu, ibu juga bisa meminta bantuan atau dukungan kepada anggota keluarga lain untuk menjaga si kecil saat ibu sedang ingin istirahat.

Itulah beberapa cara serta penjelasan pentingnya menjaga kesehatan mental ibu setelah melahirkan. Jangan remehkan hal ini ya, karena hal ini tentu saja sangat mempengaruhi ibu dan juga keluarga, termasuk bayi. Sebisa mungkin bicarakanlah dengan pasangan kalian supaya masalah ini bisa jadi lebih ringan. Semoga bermanfaat.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.