Jurusan Bidang Kesehatan Selain Kedokteran, Cek Rekomendasi Kampus

Jurusan Kedokteran menjadi salah jurusan di bidang kesehatan yang mempunyai banyak peminat di tiap tahunnya. Karenanya dari itu, untuk masuk jurusan ini calon mahasiswa harus berkompetisi ketat guna lolos masuk PTN impian mereka. Meski selain Kedokteran, terdapat banyak jurusan lain di bidang kesehatan yang juga mempunyai prospek karier yang menjanjikan di masa depan.

Berikut merupakan enam jurusan bidang kesehatan selain Kedokteran beserta saran kampusnya.

 

1. Keperawatan Keperawatan merupakan salah satu profesi kesehatan yang sangat dibutuhkan di berbagai lembaga kesehatan. Mahasiswa keperawatan akan mempelajari seputar keterampilan klinis serta tata krama dalam cara kerja merawat pasien. Contohnya, sistem merawat luka atau menyuntik. Alumnus keperawatan bisa berprofesi di rumah sakit, puskesmas, klinik, maupun sebagai perawat mandiri. Berikut ini saran PTN poloclubapt.com untuk jurusan Keperawatan: Universitas Padjadjaran Universitas Sumatera Utara Universitas Diponegoro Universitas Sriwijaya.

 

2. Farmasi Jurusan farmasi merupakan salah satu jurusan yang berkonsentrasi pada ilmu obat dan pengobatan. Mahasiswa farmasi akan mempelajari seputar berbagai tipe senyawa obat, sistem kerja obat, serta manajemen apotek. Alumnus farmasi mempunyai kesempatan karier yang luas, mulai dari menjadi apoteker di rumah sakit atau apotek, peneliti obat, hingga menjadi dosen.

Berikut ini saran PTN untuk jurusan Farmasi: Universitas Indonesia Institut Teknologi Bandung Universitas Airlangga Universitas Brawijaya.

 

3. Ilmu Gizi Jurusan ilmu gizi mempelajari seputar kekerabatan antara makanan dan kesehatan tubuh manusia. Mahasiswa ilmu gizi akan mempelajari seputar gizi, metabolisme, serta sistem-sistem untuk merencanakan pola makan yang sehat. Alumnus ilmu gizi bisa berprofesi di berbagai lembaga kesehatan, industri makanan, atau bahkan menjadi seorang konsultan gizi. Berikut ini saran PTN untuk jurusan Ilmu Gizi: Universitas Gadjah Mada Universitas Indonesia Universitas Diponegoro IPB University

4. Fisioterapi Fisioterapi merupakan profesi kesehatan yang berkonsentrasi pada rehabilitasi jasmaniah, seperti terapi dan penanganan pada gerak tubuh manusia, tulang, dan otot.

Mahasiswa fisioterapi akan mempelajari seputar anatomi, fisiologi, serta berbagai teknik rehabilitasi jasmaniah. Alumnus fisioterapi bisa berprofesi di rumah sakit, klinik rehabilitasi, puskesmas, atau bahkan membuka praktek fisioterapi sendiri. Berikut ini saran PTN untuk jurusan Fisioterapi: Universitas Hasanuddin (S1) Universitas Udayana (S1) Universitas Airlangga (D4) Universitas Indonesia (D3).

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.