Jaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Jantung Harus Dari Sekarang

Tahukah kamu jika seiring dengan bertambahnya usia, fungsi jaringan dan organ di  tubuh akan semakin berkurang? Mulai dari tulang, otot, hingga jantung.

Oleh karena itu, kamu wajib untuk selalu menjaga kesehatannya agar tetap sehat di masa tua. Namun, bagaimana cara menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Jantung

Tulang sangat penting fungsinya karena membantu tubuh bergerak dengan menjaga struktur tubuh, melindungi organ-organ di tubuh, serta menjaga otot.

Sementara otot adalah bagian tubuh yang fungsinya mengubah energi menjadi gerakan sehingga manusia dapat menggerakkan anggota tubuhnya. Terdapat enam ratus otot di dalam tubuh yang perlu dijaga seiring dengan bertambahnya usia.

Kemudian, jantung yang tentu kamu pahami menjadi organ yang situs judi bola sangat vital karena hampir semua organ tubuh bergantung kepada jantung untuk tetap bekerja optimal.  Memang, massa tulang di usia muda akan terus meningkat. Namun puncaknya ketika kamu berusia 30 tahun, massa tulang akan mengalami penurunan.

Kondisi ini menyebabkan kekuatan dan kepadatan tulang akan semakin berkurang seiring waktu. Bahkan, dapat meningkatkan risiko gampang terjatuh dan osteoporosis. Begitu juga dengan otot dan jantung, keduanya dapat mengalami penurunan fungsi seiring waktu. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidakmampuan untuk bergerak aktif dan meningkatkan risiko penyakit jantung yang membahayakan jiwa.

Jadi, bila satu di antara organ atau jaringan yang disebutkan mengalami masalah, tentu akan ada gangguan yang muncul dan menghambat aktivitas. Lebih parahnya, bisa menurunkan kualitas hidup. Itulah sebabnya, tulang, otot, dan jantung perlu kamu jaga kesehatannya.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Jantung

Kamu dapat melakukan beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung seperti berikut ini:

1. Mengonsumsi Kalsium dalam Jumlah Cukup

Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun, kebutuhan kalsium hariannya adalah sebanyak 1.000 miligram (mg) per hari. Kebutuhan kalsium meningkat menjadi 1.200 mg per hari untuk wanita berusia 50 tahun ke atas dan pria setelah usia 70 tahun.

Selain dari suplemen tambahan, kamu juga bisa mengonsumsi produk susu, kacang almon, ikan, dan tahu setiap hari agar kebutuhan kalsium tubuh terpenuhi.

2. Perhatikan Asupan Vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 70 tahun, kebutuhan harian vitamin D adalah 600 unit internasional (IU) sehari.

Namun, kebutuhan asupan vitamin D akan meningkat menjadi 800 IU sehari untuk orang dewasa  berusia 71 tahun ke atas.

Selain asupan nutrisi dari suplemen, kamu bisa mengonsumsi vitamin D dari makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, sarden, dan juga kuning telur. Ditambah berjemur di pagi hari selama 10 menit agar tubuh dapat memproduksi vitamin D secara cukup.

3. Beraktivitas Fisik Rutin

Latihan aerobik dapat membantu membangun kekuatan dan memperlambat pengeroposan tulang. Selain memperkuat tulang dan otot, olahraga juga membantu otot jantung lebih efisien dan memperlancar pompa darah ke seluruh tubuh.

Manfaat olahraga rutin lainnya adalah meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat yang dapat memicu terjadinya arteriosklerosis.

Kamu dapat melakukan aktivitas olahraga intensitas ringan selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu untuk dapatkan manfaat sehat secara maksimal.

4. Lengkapi Nutrisi Tambahan

Asupan nutrisi tambahan juga dapat kamu konsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan protein, kalsium, magnesium, vitamin D, omega 3 dan 6. Ini bisa didapat dari berbagai jenis ikan, telur, kacang-kacangan, dan alpukat.

Kamu juga bisa mendapatkan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi Entrasol Platinum. Nutrisi tinggi protein yang dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun.

Ekstrak buah zaitun pada Entrasol Platinum mengandung zat hydroxytyrosol, yang merupakan antioksidan kuat dalam menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C.

Zat gizi dan senyawa aktif yang terkandung dalam Entrasol Platinum memiliki sifat antioksidan, antihipertensi, antiinflamasi, aterogenik, epigenetik, anabolik dan antitrombotik.

Dengan mengonsumsi nutrisi lengkap yang terkandung di dalam Entrasol Platinum secara rutin, dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk mendukung kinerja otot dan pembuluh darah jantung, serta menjaga kepadatan tulang.

Nah, cara menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung di atas bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Dengan begitu, kamu bisa terus sehat dan aktif menjalani kegiatan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.