Contoh Teknologi Kesehatan yang Menyelamatkan Banyak Jiwa Saat Ini

Bagus rumah sakit negeri atau swasta, teknologi komputerisasi telah menjadi andalan untuk meningkatkan kualitas layanan ke pasien. Contoh teknologi kesehatan sama-sama menjadi alat tolong yang signifikan bagi dokter, perawat, dan tenaga medis secara awam.

Contoh teknologi kesehatan merevolusi dunia kesehatan dalam berbagai ragam layanan. Bagi pihak rumah sakit, seumpama, pemanfaatan teknologi komputerisasi meningkatkan level kesembuhan suatu penyakit dan memberikan kepastian tunggu untuk perawatan bagi pasien.

Tentu saja, dua faedah besar itu terbagi ke dalam banyak sub-kategori model teknologi yang dipakai. Untuk lebih jelasnya, yuk simak daftar di bawah ini:

Contoh Teknologi Kesehatan yang Berguna Besar

1. Augmented Reality atau AR

Kelebihan Augmented Reality di bidang kesehatan nampak dalam pemeriksaan sebelum operasi, seperti CT scan atau MRI. Teknologi AR sendiri agak berbeda dengan VR dimana dalam AR, kontak dengan kenyataan yang ada masih kental. Pemanfaatan AR oleh dokter membuatnya akan mampu mendapatkan info lebih luas mengenal penyakit seorang pasien. Salah satu sumber yang didapatkan dengan bantuan AR dapat berupa anatomi internal pasien. Berita yang lengkap dan cermat tersebut akan membantu dokter dalam menyembuhkan pasiennya.

2. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence

Kecerdasan buatan bersentuhan lantas dengan pasien. Sebagai model, telah ada banyak aplikasi medis dengan algoritma yang membaca lokasi dan kebutuhan pasien. Dikala mencari dokter terdekat, seumpama, aplikasi tersebut akan menyarankan dokter dan lokasi praktek yang terdekat dengan calon pasien. Ini juga berlaku dikala seorang pengguna sedang membutuhkan obat tertentu. Algoritma akan sukses membaca lokasi supaya obat dikirimkan oleh petugas apotik yang terdekat.

3. Virtual Reality atau VR

Selama ini, Virtual Reality lebih identik dengan pemanfaatannya untuk bisnis dan gaming. Sedangkan, telah banyak model Virtual Reality yang dimanfaatkan spaceman gacor untuk bidang kesehatan. Kini, dokter dan calon dokter dapat menerapkan teknologi VR untuk lebih secara mendalam dan konkret melakukan simulasi operasi. VR simulator memudahkan mereka dalam mengenal lokasi tubuh pasien yang akan dioperasi. Tentunya, cara ini akan mempercepat pelaksanaan operasi dan meningkatkan prosentase kesembuhan seorang pasien. Pada 2020, laman medicalfuturist.com, menuliskan bahwa teknologi VR secara global dalam bidang kesehatan mempunyai pangsa pasar sampai US$3,8 miliar.

4. Sensor, alat pelacak kesehatan, wearable
Contoh teknologi kesehatan sekarang telah hadir dalam berbagai produk canggih untuk dipakai oleh kita tiap-tiap hari. Sensor, wearable, dan alat pelacak kesehatan benar-benar membantu kita untuk memantau keadaan kesehatan sendiri secara mandiri. Contoh yang dapat kita cek sendiri lewat teknologi tersebut mencakup tekanan darah, kadar glukosa, temperatur tubuh, sampai tingkat stres. Kita dapat mendapatkan info penting tersebut secara real-time. Dengan adanya usul tersebut, kita dapat merubah pola hidup menjadi lebih sehat ke depan.

5. Tricoder Medis
Tricorder medis menyediakan faedah yang membikin penggunanya dapat memindai keadaan medis sendiri. Gampang dibawa kemana saja, tricorder medis mampu mengevaluasi petunjuk vital kesehatan, seperti tekanan darah, temperatur, dan detak jantung. Berita yang didapatkan dapat menjadi usul berharga untuk mengkaji dan mendiagnosa keadaan kesehatan pemakainya.

6. Pengurutan genome
Contoh teknologi kesehatan selanjutnya merupakan pengurutan genome. Alat ini mampu mengumpulkan info mendasar mengenai badan manusia, seperti kepekaan obat, keadaan kesehatan multi unsur atau monogenik, sampai mengenal riwayat kesehatan keluarga. Data yang terkumpul sangatlah berharga bagi dokter untuk merumuskan perawatan dan pengobatan yang paling cermat. Data kesehatan seorang pasien sangatlah penting untuk membantu naiknya level kesembuhannya. Pengumpulan dan pengelolaan data rekam medis semacam itu penting sampai pemerintah Amerika Serikat pernah meluncurkan Human Genome Project bernilai sekitar US$2,7 miliar pada 2003.

7. Mempercepat temuan obat
Kecepatan munculnya virus baru terkadang tidak dibarengi dengan obatnya. Inovasi obat baru dahulu membutuhkan pelaksanaan yang benar-benar rumit dan panjang. Biaya untuk meneliti berbagai kemungkinan sampai melahirkan obat baru tidaklah sedikit. Dalam sebuah riset obat, seorang peneliti seharusnya mengenal kandungan beberapa bahan yang berpotensi menyembuhkan suatu penyakit. Setelah selesai, calon obat tersebut seharusnya diuji lalu ditunggu efeknya. Belum lagi, dia seharusnya menentukan dosis yang tepat supaya suatu penyakit benar-benar sembuh.

Sebuah revolusi terjadi pada 2016 dengan munculnya In Silicon Trials. Dalam In Silicon Trials, simulasi komputer dilibatkan dalam mengoptimalkan obat. Cara ini mempercepat pengujian obat karena calon obat dapat diujikan pada pasien secara virtual beserta dosis yang cermat.

8. Teknologi nano
Tak berlebihan bila menyebut teknologi nano mentransformasi dunia kesehatan. Teknologi ini mampu menjadikan zat dengan ukuran benar-benar kecil sampai menempuh satu per miliar meter atau nanometer. Robot berukuran nano membantu dalam mengobati suatu penyakit pada tingkat sel yang benar-benar teramat mini. Sedangkan aplikasi dari partikel nano dikala ini sedang dalam pengembangan.

Max Planck Institute menjadi salah satu lembaga yang melakukan penciptaan robot berukuran nano supaya nanti dapat masuk ke dalam cairan badan. Kalau sukses, robot ini akan dapat membantu mengirimkan obat atau bantuan kesehatan lainnya secara cermat. Microbot ini menyerupai kerang yang dapat berenang lewat aliran darah.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.