Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Alami

Memiliki badan sehat dan bugar dengan berat ideal merupakan slot jepang bet keinginan banyak orang. Sebab, hal ini juga menjadi acuan kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Sayangnya, tak sedikit orang melakukan cara menurunkan berat badan yang instan tanpa memperhatikan efeknya.

Sebenarnya, naik turunnya berat badan pada seseorang bergantung pada asupan kalori yang masuk ke tubuh dan banyaknya kalori yang terbakar saat tubuh melakukan aktivitas.

Asupan kalori berlebih yang tidak seimbang dengan rutin olahraga atau beraktivitas fisik bisa memicu kenaikan berat badan. Sebab, tubuh akan menyimpan kalori yang tidak terpakai dalam bentuk lemak.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Inilah sebabnya, supaya bisa menurunkan berat badan, tentu asupan kalori yang masuk ke tubuh harus lebih sedikit. Selain itu, kamu juga harus meningkatkan durasi aktivitas fisik sehingga tubuh bisa memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Faktanya, ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa kamu coba, misalnya:

1. Mengonsumsi protein saat sarapan

Studi dalam BMJ Journals menyebutkan, protein bekerja dengan mengendalikan hormon nafsu makan. Asupan ini membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang, yaitu kolesistokinin, peptida YY, dan GLP-1. Ketahui apa saja Pilihan Makanan Tinggi Protein yang Baik Bagi Kesehatan, bisa dijadikan menu sarapan yang efisien dan bergizi.

2. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengurangi asupan karbohidrat olahan dan gula. Pasalnya, karbohidrat olahan tidak mengandung serat dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, tubuh lebih mudah mencerna dan mengubah karbohidrat olahan menjadi glukosa sehingga membuat lebih cepat lapar.

Sementara itu, glukosa berlebih yang masuk ke aliran darah dapat memicu peningkatan kadar hormon insulin. Hal ini mengakibatkan terjadinya kelebihan penyimpanan lemak pada jaringan adiposa yang memicu peningkatan berat badan.

3. Perbanyak asupan serat

Asupan serat dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga kamu tidak cenderung makan berlebihan. Ini dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan kaya serat yang bisa kamu konsumsi yaitu buah-buahan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Cara menurunkan berat badan dengan rutin olahraga

Olahraga secara teratur juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang alami dan cepat. Selain itu, aktivitas murah meriah ini bisa kamu lakukan setiap saat. Mulailah dengan melakukan kegiatan fisik dalam intensitas ringan sampai sedang saja. Contohnya berjalan cepat selama 30 menit, bersepeda, atau berenang.

5. Tidur yang cukup

Faktanya, kurang tidur dapat memperlambat proses perubahan kalori menjadi energi. Proses ini bernama metabolisme. Saat tidak berlangsung dengan optimal, tubuh akan menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak.

Selain itu, durasi tidur juga memengaruhi kontrol hormon leptin dan ghrelin. Keduanya adalah hormon pengatur nafsu makan. Jika waktu tidur tidak sesuai dengan kebutuhan, kadar dua hormon tersebut akan mengalami peningkatan yang memicu naiknya berat badan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.