Begini Cara BPJS Kesehatan Mempermudah Akses Layanan Kesehatan Peserta JKN Selama Mudik Lebaran

Jakarta – BPJS Kesehatan berkomitmen untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama cuti bersama dan libur Lebaran pada 8 hingga 15 April 2024. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan dengan prinsip portabilitas yang diwujudkan dalam layanan yang mudah, cepat, dan setara di seluruh Indonesia.

Selain itu, peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas slot777 Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain hingga tiga kali kunjungan dalam sebulan.

Lebih lanjut, Ghufron, mengatakan, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan piket di kantor cabang dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat dan layanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

“Ini mencakup informasi, administrasi, dan pengaduan bagi peserta JKN, serta layanan administrasi melalui Aplikasi Mobile JKN,” kata Ghufron dalam temu media di Kawasan Jakarta Pusat pada Rabu, 20 Maret 2024, sore.

Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyiapkan Posko Mudik Kesehatan di beberapa lokasi strategis mulai 5 hingga 9 April 2024, menyediakan berbagai layanan kesehatan dan relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan jika diperlukan.

“Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur Lebaran ini,” ujarnya.

Mengenai lokasinya, Posko Mudik Kesehatan yang disediakan BPJS Kesehatan tersebar di beberapa titik, berikut daftarnya:

1.Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur
2.Pelabuhan Merak di Banten
3.Rest Area Tol Travoy KM 88A di Purwakarta
4.Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon
5.Rest Area Tol Unggaran KM 429A di Kabupaten Semarang
6.Terminal Purabaya di Sidoarji
7.Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.